Dalam mewujudkan pembelajaran abad 21, SMA YPHB bekerja sama dengan EFTO dalam mengadakan YPHB Research Camp (YRC), yaitu kegiatan mini research berupa penelitian sederhana yang dikemas secara menyenangkan dengan menggabungkan konsep ekowisata. Melalui konsep ekowisata ini diharapkan peserta didik SMA YPHB Bogor  mampu memahami tiga pilar ekowisata, yaitu ekologi, ekonomi, dan sosial budaya dan mengaplikasikannya dengan empat pilar pendidikan menurut UNESCO yaitu,learning to know, learning to do, learning to be, dan learning to live together. Penelitian sederhana ini tidak hanya terfokus pada mata pelajaran Peminatan, yang meliputi Fisika, Kimia dan Biologi untuk peserta didik program MIPA, sedangkan Ekonomi, Sosiologi, Geografi dan Sejarah untuk program IPS, tetapi juga pada mata pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan, Pendidikan Agama, Bahasa Inggris, dan Bahasa Indonesia.

Pemilihan lokasi sangat penting dalam mewujudkan pelaksanaan program YRC, karena banyak subyek penelitian yang harus diakomodir. Pemilihan Kawasan Dataran Tinggi Dieng dinilai representatif untuk dijadikan obyek YRC, karena masih memiliki nilai sumber daya alam, selain itu adanya nilai budaya dan sejarah yang sangat kuat menjadi daya tarik tersendiri bagi kami, perputaran ekonomi dan sosial dari berbagai aspek seperti masyarakat petani, masyarakat Agrobisnis, dan masyarakat pelaku wisata memberikan keanekaragaman yang unik di kawasan Dataran Tinggi Dieng.

Adapun tujuan dari kegiatan YRC adalah sebagai berikut :

  1. Tujuan Umum

Menyiapkan peserta didik SMA YPHB Kota Bogor dalam menghadapi 21st Century Learning, yang bercirikan 4C (Communication, Collaboration, Critical Thinking, andCreativity).

  1. Tujuan Khusus
  • Memberikan fasilitas kepada peserta didik untuk melakukan penelitian sederhana, sesuai dengan program peminatan.
  • Memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada peserta didik tentang aspek ekologi, ekonomi, sosial dan budaya.
  • Memberikan pemahaman dasar mengenai tahap–tahap melakukan penelitian ilmiah dan penyusunan laporan.
  • Peserta didik mampu mengkolaborasikan antara mini riset atau penelitian sederhana dengan wisata alam.
  • Mengembangkanantusiasme peserta didik dalam melakukan Riset/Penelitian sehingga terjadi perubahan perilaku terhadap lingkunganya.
  • Peserta didik mampu mengomunikasikan hasil penelitian sederhana dalam bentuk lisan maupun tulisan, secara sistematis.
  • Memberikan edukasi kepada peserta didik untuk mengembangkan bakat dan minat melalui penelitian sederhana.
  • Memberikan bekal dasar dan latihan yang dilakukan secara benar kepada peserta didik tentang nilai-nilai kehidupan yaitu life skills (flexibility, initiative, social skills, productivity, and leadership) yang dibutuhkan dan berguna bagi perkembangan kehidupan peserta didik.

YRC tahun 2019 bertemakan  “Menciptakan Ilmuwan Muda yang siap menghadapi 21st Century Learning”.

Waktu dan pelaksanaan kegiatan:

WAKTU

KEGIATAN

TEMPAT PELAKSANAAN

15 – 16 April 2019  

Pembekalan Materi dan Simulasi Metode Penelitian

SMA YPHB Bogor / Kebun Raya Bogor

20 – 26 April 2019

Observasi Data dan Wawancara

Kawasan Obyek Dieng Plateu *Jadwal terlampir

29 April – 3 Mei 2019

Penyusunan Laporan Ilmiah

SMA YPHB Bogor

22 – 23 Mei 2019

Presentasi Hasil Mini Research

SMA YPHB Bogor

24 – 25 Mei 2019

Revisi Laporan

 

Leave a Comment