Tuntutan pembelajaran abad 21 yang lebih menitik beratkan pada pengembangan aspek keterampilan Critical thingking, creativity,collaboration dan communication, menuntut para guru untuk meningkatkan kualitas pembelajarannya sesuai dengan kebutuhan saat ini. Untuk itu sebagai lanjutan dari pelaksanaan program SMA Zonasi, SMA YPHB tanggal 03 Agustus 2019, kembali menyelenggaran kegiata IHT Pengembangan Pembelajaran dan Penilaian HOT.

Kegiatan ini diikuti oleh seluruh guru SMA YPHB Kota Bogor dan perwakilan sekolah imbas yaitu : SMA Insan Kamil, SMA Al Ghazali, SMA Daar Ennisa, SMA Kosgoro dan SMA Tunas Harapan.Nara sumber pada kegiatan ini adalah fasilitator dari Direktorat PSMA yaitu : Bapak Ikhsan Cahyana,S.Pd. Beliau menyampaikan untuk dapat memberikan kemampuan keterampilan abad 21, guru harus mempunyai keterampilan merencanakan proses pembelajaran sejak menentukan analisis KI dan KD, penyusunan RPP sampai pada pengimplementasiannya di dalam kelas. Dengan demikian diharapkan para peserta didik mempunyai kesiapan dalam menghadapi persaingan/kompetisi di kemudian hari.

Materi yang disampaikan antara lain, instrumen Soal-soal HOTS pengukuran yang digunakan untuk mengukur keterampilan berpikir tingkat tinggi yaitu:

  1. Transfer satu konsep ke konsep lainnya
  2. Memproses dan mengintegrasikan informasi
  3. Mencari kaitan dari berbagai informasi yang berbeda-beda
  4. Menggunakan informasi untuk menyelesaikan masalah
  5. Menelaah ide dan informasi secara kritis

Soal HOTS mengukur dimensi metakognitif, menggambarkan kemampuan menghubungkan beberapa konsep yang berbeda tidak sekadar mengukur dimensi faktual, konseptual, atau prosedural saja.

  1. Memecahkan masalah (problem solving)
  2. Menginterpretasikan
  3. Memilih strategi pemecahan masalah
  4. Menemukan (discovery) metode baru
  5. Berargumen (reasoning)
  6. Mengambil keputusan yang tepat
Materi Pembelejaran & Penyusunan Soal HOTs Oleh Bapak Ikhsan

Leave a Comment