Kendaraan bermotor merupakan unsur dinamis sektor transportasi modern, ada satu masalah pelik yang masih terus menghantui kita hingga kini yaitu masalah kesadaran berlalu lintas dijalan raya yang menyangkut perilaku pengemudi kendaraan bermotor. Kita tentunya sepakat mengenai masih kurang tertib dan disiplinnya para pengguna jalan raya.

Beragam perilaku buruk pengemudi kendaraan tentunya sudah sering kita temui tiap hari ketika kita berada di jalan raya. Sebut saja mulai dari mengendarai sepeda motor tanpa mengenakan helm, kebut-kebutan atau menyetir kendaraan secara zig-zag tanpa memperhatikan kondisi lalu lintas, mengabaikan keberadaan pejalan kaki yang seharusnya didahulukan hak-haknya, melanggar lampu merah dan rambu lalu lintas, menyetir melawan arus (mlipir) hingga tindakan-tindakan lain dalam mengemudi kendaraan yang cenderung membahayakan keselamatan diri sendiri dan orang lain.

Fenomena ini tentu saja meresahkan kita karena tidak saja menyangkut keselamatan diri kita sendiri tapi juga keselamatan anggota keluarga dan relasi kita yang lain dan mungkin tidak penting lagi bagi kita tentang data-data penelitian yang menyimpulkan tentang buruknya perilaku mengemudi di jalan raya atau tingginya angka kecelakaan lalu lintas karena seringnya kita menyaksikan hal tersebut.

Upaya penanaman kesadaran berlalu lintas semestinya merupakan upaya yang kontinu dan menjangkau hingga ke pelosok karena merupakan upaya untuk merubah pola pikir dan kebiasaan masyarakat dari segala strata usia, pendidikan dan status sosial. Point yang paling penting dari upaya ini adalah pencegahan terjadinya kecelakaan di jalan raya yang membuat jalan raya sebagai tempat yang aman dan nyaman untuk menunjang produktivitas masyarakat di segala bidang.

Dalam upaya menumbuhkan kesadaran berlalu lintas maka SMA YPHB bekerja sama dengan Polsek Bogor Utara mengadakan kegiatan sosialisasi menumbuhkan kesadaran aman berlalu lintas pada hari Kamis, 5 Desember 2019 dengan menghadirkan 3 orang narasumber dari pihak kepolisian dan dihadiri oleh seluruh peserta didik SMA YPHB.

Leave a Comment