Usaha pemerintah untuk meningkatkan kualitas pendidikan nasional, dapat dilihat dari adanya upaya pembaharuan dan penyempurnaan kurikulum yang telah dilaksanakan. Bentuk terakhir yang dihasilkan dari langkah pembaharuan dan penyempurnaan kurikulum adalah lahirnya kurikulum 2013. Kurikulum 2013 bertujuan untuk mempersiapkan manusia Indonesia agar memiliki kemampuan hidup sebagai pribadi dan warga negara yang beriman, produktif, kreatif, inovatif, dan afektif serta mampu berkontribusi pada kehidupan masyarakat, berbangsa, bernegara, dan peradaban dunia.

Di samping itu baik di tingkat pusat maupun daerah, pemerintah juga mengupayakan adanya standarisasi tingkat pengetahuan peserta didik untuk setiap jenjang dan jenis pendidikan, melalui sistem evaluasi. Sistem evaluasi dilakukan oleh guru salahsatunya adalah Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN). Sistem penilaian yang bersifat komprehensif menyangkut atau meliputi aspek/ranah dalam evaluasi.

USBN SMA YPHB berbasis kombinasi yakni berbasis komputer untuk soal pilihan ganda dan berbasis kertas untuk mengisi soal uraian. Kegiatan ini berlangsung dari Senin – Sabtu, 9 – 14 Maret 2020. Kegiatan USBN terbagi menjasi dua sesi, yaitu sesi 1 pukul 07.30 – 12.00 WIB diikuti oleh tiga kelas MIPA dan sesi 2 pukul 12..30 – 17.00 WIB diikuti oleh tiga kelas IPS.

Leave a Comment