Jam Operasional : Senin - Jumat : - 07:00 WIB - 12:00 WIB

News

Seminar Implementasi Kurikulum Merdeka SMA YPHB

19-03-2022

Menteri pendidikan, kebudayaan, riset dan teknologi nadiem Makarin mengatakan bahwa kurikulum merdeka sudah mulai digunakan di tahun pelajaran 2022/2023 di tingkat TK, SD, SMP, hingga SMA. Menristek mengatakan bahwa inti dari kurikulum merdeka adalah merdeka belajar. konsep ini dibuat agar siswa dapat mendalami minat dan bakatnya masing-masing. Kurikulum merdeka akan memberikan otonomi dan kemerdekaan bagi siswa dan sekolah. Sehingga nantinya di SMA tidak akan ada lagi jurusan atau peminatan seperti IPA, IPS atau Bahasa.

Dilansir dari laman kurikulum.kemdikbud.go.id, Kurikulum Merdeka dikembangkan sebagai kerangka kurikulum yang lebih fleksibel, sekaligus berfokus pada materi esensial dan pengembangan karakter dan kompetensi murid. Karakteristik utama dari kurikulum ini yang mendukung pemulihan pembelajaran, yaitu Pembelajaran berbasis projek untuk pengembangan soft skills dan karakter sesuai profil Pelajar Pancasila, Fokus pada materi esensial sehingga ada waktu cukup untuk pembelajaran yang mendalam bagi kompetensi dasar seperti literasi dan numerasi dan Fleksibilitas bagi guru untuk melakukan pembelajaran yang terdiferensiasi sesuai dengan kemampuan peserta didik dan melakukan penyesuaian dengan konteks dan muatan lokal.

Akan tetapi Kemendikbud masih memberikana masih memberikan kelonggaran apabila ada sekolah yang belum siap menerapkan kurikulum merdeka. Sekolah diperbolehkan menerapkan kurikulum 2013 atau kurikulum darurat. Sekolah dan guru diberikan kewenangan untuk memilih kurikulum.

Oleh karena itu, pada hari Jumat pukul 08.00 - 11.15 WIB SMA YPHB Kota Bogor mengadakan seminar implementasi kurikulum merdeka. Tujuannya agar kepala sekolah, guru, yayasan dan pemangku kepentingan memahami tentang kurikulum merdeka sehingga di tahun pelajaran 2022/2023 SMA YPHB siap untuk menggunakan kurikulum merdeka. Seminar ini dihadiri oleh seluruh guru SMA YPHB, Kepala sekolah Negeri dan Swasta sekota Bogor, yayasan, serta wakil kepala sekolah bidang kurikulum sekota Bogor. Kegiatan seminar ini dilaksanakan secara offline dan online. Secara offline seminar tersebut dihadiri oleh seluruh guru SMA YPHB dan kepala sekolah negeri dan swasta sekota Bogor tetapi secara online juga diikuti oleh wakil kepala sekolah dan guru sekolah negeri dan swasta melalui live youtube. Seminar ini menghadirkan narasumber Dr. Yogi Anggraena, M.Si. Narasumbernya merupakan koordinator substansi kurikulum pusat kurikulum dan pembelajaran Kemdikbudristek.