INFORMASI
PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU
SMA YPHB KOTA BOGOR
TAHUN PELAJARAN
2022/2023
Berkaitan dengan surat edaran dari pemerintah tentang pencegahan
penyebaran covid-19 di Jawa Barat, maka panitia PPDB SMA YPHB Kota Bogor Tetap
melakukan pendaftaran secara online dan sesuai dengan jadwal yang telah
ditentukan. Tes wawancara dan baca Al-Quran dilaksanakan secara daring video
call via WhatsApp. Test Potensi Akademik tetap dilaksanakan secara online. Foto
Copy Kartu Keluarga, Akta Kelahiran, kartu NISN dan berkas lainnya dibawa pada
saat daftar ulang.
JADWAL PPDB 2022/2023
GELOMBANG 1
Pendaftaran : 1
April – 13 Mei 2022
Wawancara : 2 April – 14 Mei 2022
Tes potensi akademik : 15 Mei 2022
Verifikasi :
16 Mei 2022
Pengumuman : 17
Mei 2022
Daftar Ulang : 17 – 21 Mei 2022
GELOMBANG 2
Pendaftaran : 17
Mei – 1 Juli 2022
Wawancara : 18 Mei – 2 Juli 2022
Tes potensi akademik : 3 Juli 2022
Verifikasi :
4 Juli 2022
Pengumuman : 5 Juli
2022
Daftar Ulang : 5 – 9 Juli 2022
BIAYA
Pendaftaran : Rp 350.000
Rincian DSP ( Dana Sumbangan Pembangunan ) :
Buku Pelajaran 1 tahun
SPP bulan Juli Rp. 750.000
Asuransi Jiwa 1 tahun
Iuran OSIS 1 tahun
Iuran Kegiatan keagamaan 1 tahun
Kegiatan MPLS
Seragam 5 stel dalam bentuk bahan
Pembukaan Rekening BSI
Partisipasi dana wisuda
Psikotes
MEKANISME PENDAFTARAN :
1.
Calon peserta didik (CPD) membuka menu
pendaftaran online pada website YPHB "https://smayphb.sch.id/ppdb", kemudian mengisi
dan mensubmit data.
2.
Setelah di submit maka calon peserta
didik akan mendapatkan email dari sistem berupa informasi mengenai biaya
pendaftaran dan akan diarahkan untuk melakukan pembayaran.
3.
Setelah mengklik tautan “Klik Disini untuk pembayaran” maka akan diarahkan ke halaman untuk
men-generate nomor virtual akunnya. Pada halaman tersebut telah di informasikan
berapa jumlah biaya yang harus dibayarkan beserta nomor rekening (Virtual
Account) tujuan (yang diberi kotak merah).
4.
Setelah melakukan pembayaran, maka calon
peserta didik akan mendapatkan email kembali yang berisi informasi mengenai
status pembayaran tersebut beserta Token (kotak hijau) yang akan digunakan
untuk melihat status/progress pendaftaran calon peserta didik tersebut.
5.
Untuk melihat status/progress, calon
peserta didik akan diarahkan mengklik tautan “Klik Disini” yang akan mengarahkan ke halaman pencarian dan akan menampilkan
detail informasi mengenai status/progress pendaftaran calon peserta didik
tersebut. Peserta hanya perlu mengkopi token yang telah diberikan kemudian
mem-paste-nya ke dalam kolom Token lalu klik tombol saring untuk melakukan
pencarian data calon peserta didik.
6.
Pada halaman pencarian tersebut akan
menampilkan informasi mengenai Nomor Pendaftaran, Nama, Status Pendaftaran,
Tanggal Pendaftaran serta kolom instruksi yang harus dilakukan oleh calon peserta
didik.
7.
Jika calon peserta didik sudah melakukan
pembayaran, calon peserta didik akan diminta untuk melengkapi data diri, orang
tua serta orang tua wali, agar dapat melanjutkan ke proses berikutnya dengan
cara menekan tombol LENGKAPI DATA ANDA pada kolom tindakan.
8.
Setelah data dilengkapi maka peserta
didik dapat melihat proses berikutnya yaitu jadwal wawancara yang akan
dilakukan oleh pihak panita seleksi dengan media video call. Oleh karena itu,
calon peserta didik harus memperhatikan jadwal wawancara yang telah diberikan
oleh panitia. Pada kolom tindakan terdapat tombol JADWAL WAWANCARA untuk
melihat jadwal beserta pewawancaranya.
9.
Jika peserta didik sudah melakukan proses
wawancara, langkah berikutnya adalah melakukan Tes Potensi Akademik (TPA). Pada
kolom tindakan akan muncul informasi jadwal TPA. Pada saat TPA akan berlangsung
secara otomatis muncul tombol untuk melakukan tes.
10. Setelah selesai melakukan Test Potensi Akademik, siswa akan
diinformasikan untuk menunggu informasi berikutnya. Data-data peserta didik
akan diverifikasi oleh pihak panitia untuk diberikan keputusan diterima atau
ditolak. Pengumuman hasil seleksi akan diumumkan melalui website :
smayphb.sch.id.
11. Setelah data diverifikasi oleh panitia, keputusan diterima/tidak
diterima calon peserta didik akan muncul. Calon Peserta didik yang diterima
bisa melakukan Daftar Ulang. Pada kolom
tindakan akan terdapat tombol untuk mengunduh surat keputusan (SK) bahwa siswa
tersebut telah diterima di SMA YPHB.
12. CPD melakukan pembayaran DSP via transfer Ke BSI kode
bank 451 dengan nomor rekening :
1001638137 a.n Yayasan Persaudaraan Haji Bogor.
13. Calon peserta didik dapat mengunggah dokumen berupa Ijazah/SKL, Akta
Kelahiran, kartu NISN, dan Kartu Keluarga.
14. Setelah melakukan daftar ulang, calon peserta didik menunggu untuk
proses selanjutnya yaitu Psikotes yang akan diadakan oleh pihak SMA YPHB.
15. Setelah semua rangkaian proses pendaftaran selesai, calon peserta
didik menunggu informasi selanjutnya yang akan di informasikan melalui website
SMA YPHB.
WAKTU WAWANCARA :
Senin – Jumat : 08.00 – 14.00 WIB (Video Call)
Sabtu : 08.00 – 12.00 WIB (Video Call)
Demikian Informasi ini kami sampaikan.
Atas perhatian dan kerjasamanya, kami
mengucapkan terimakasih.
NOMOR KONTAK PANITIA :
1. 0852-1787-5387 (Yuyun Yuliani, S. Pd)
2. 0812-927-6806 (Anne Andriani, M. Pd)
3. 0878-7394-9599 (Sri Rahayu,S.S.)