Edukasi mengenai lingkungan hidup memegang peranan penting dalam pertumbuhan seseorang dimana proses untuk membangun kesadaran mengenai pentingnya menjaga alam sekitar, karena tanpa disadari kita sebagai manusia seringkali abai dalam hal ini.

Giriwana adalah ekskul pecinta alam yang ada di Sekolah SMA YPHB Kota Bogor yang tentunya selain bergerak di dunia kepecinta alaman juga bergerak dipelestarian lingkungan. Sejak awal pendiriannya Giriwana cukup aktif mengikuti kegiatan kegiatan yang bersifat melestarikan lingkungan dari mulai pencabutan paku yang ada di pohon dalam rangka memperingati hari pohon ataupun operasi bersih sampah yang ada di sekitaran Sungai Ciliwung.

Edukasi lingkungan atau kajian mengenai lingkungan hidup dirasa sangat diperlukan saat ini mengingat kerusakan yang terjadi juga sudah sangat besar, kita bisa melihat bencana alam seperti banjir dan tanah longsor misalnya sudah sangat sering terjadi belakangan ini seakan – akan bencana alam seperti ini sudah menjadi hal yang lumrah dikalangan masyarakat.

Tentunya ini sudah menjadi hal yang sangat mengkhawatirkan karena jika kalau bukan kita yang menjaga lalu siapa lagi. Usaha – usaha untuk menjaga kelestarian lingkungan dapat kita lakukan kapan dan dimana saja. Tidak perlu harus jauh – jauh masuk kedalam belantara hutan untuk memulainya cukup dimulai dari keseharian kita saja misalnya ketika kita sedang berada di rumah kita bisa mencabut atau mematikan lampu dan alat – alat elektronik yang tidak terpakai.

Kita juga bisa memulai gaya hidup sehat dimana dengan bepergian menggunakan sepeda untuk mengurangi asap kendaraan yang tentunya mengakibatkan polusi dimana gaya hidup ini juga sedang digandrungi oleh banyak orang saat ini atau jika kita tidak bisa kita tetap bisa menggunakan kendaraan umum. Kerusakan – kerusakan alam yang terjadi disekitar kita seperti banjir dan tanah longsor adalah sedikit contoh dari dampak yang terjadi ketika kita mulai abai dengan kondisi disekitar kita. Tentunya ini bukan salah siapa – siapa ataupun tanggung jawab seseorang dan lembaga yang ada melainkan ini adalah tanggung jawab kita bersama mengingat semua orang punya peranan yang sama dalam pelestarian lingkungan.

Diharapkan kesadaran untuk tetap menjaga lingkungan bisa tetap ditanamkan dipikiran banyak orang dan kajian – kajian serupa dapat lebih digalakkan lagi karena lagi – lagi jika kalau bukan kita yang menjaga lalu siapa lagi yang bisa. Untuk kedepannya semoga Giriwana tetap bisa menjaga komitmennya dalam usaha – usaha pelestarian lingkungan karena “hal yang paling munafik yang dilakukan oleh seseorang yang mengaku dirinya adalah pecinta alam yaitu merusak alam itu sendiri”

G 076 KK

Leave a Comment