Sarana prasarana

Sarana dan Prasarana

1. Gedung

Gedung SMA YPHB terdiri atas 3 lantai. Seluruh ruangan mempunyai ventilasi udara maupun pecahayaan yang baik. Ruangan dibuat dengan tanpa pintu dan setengah terbuka sehingga seluruh ruangan cukup mendapatkan sinar matahari, sehingga apabila cuaca kurang terang tidak memerlukan penerangan. Di setiap lantai terdapat tempat untuk tanaman, sehingga membuat udara tetap sejuk.

2. Ruang UKS

Luas ruang UKS di SMA YPHB adalah 36m2 ( 6m x 6m) dengan pembagian ruang UKS laki-laki 12,71 m2 (4,10 m x 3,10 m), ruang UKS siswa perempuan  15,99 m2 (3.90 m x 4.10 m), ruang pemeriksaan, dan toilet 1,12 m2. Ruang UKS masing-masing mempunyai sarana dan prasaran sebagai berikut:

1. Dipan lengkap dengan kasur, sprei, bantal dan sarung bantal
2. Tempat tindakan pertolongan pertama
3. Kotak obat/almari obat yang berisi obat-obatan dan perawatan rawat luka
4. Alat pengukur tinggi, berat badan, dan tes mata
5. Tensimeter, stetoskop dan termometer
6. Tandu dan kursi roda
7. Wastafel dan toilet
8. Meja  dan kursi
9. Display buku kesehatan, miniatur buah dan sayur
10.Obat-obatan
11.Alat kebersihan (sapu, kemuceng, kain pel, handuk kecil, tempat sampah,  dll)
12.Snellen chart, poster-poster UKS, data-data kegiatan UKS

          Kegiatan pelayanan kesehatan di UKS SMA YPHB bekerja sama dengan  jajaran  puskesmas tegal gundil  kecamatan Bogor Utara yang datang secara berkala, dokter gigi, dan satu orang suster (suster Rani) yang setiap hari ada untuk memberikan pelayanan kesehatan, baik untuk siswa, guru, maupun staf. Bagi siswa yang menderita penyakit serius, dirujuk ke Rumah Sakit AZRA.

3. Jamban

SMA YPHB mempunyai jumlah jamban/toilet yang mencukupi, yaitu 24 unit untuk siswa yang terdiri dari 12 unit untuk pria, dan 12 unit untuk wanita. Jumlah telah memenuhi syarat kesehatan karena telah memenuhi ratio 1 : 25, dimana dengan jumlah siswa 586 siswa dan 24 jamban telah memenuhi ratio tersebut. Sedangkan untuk guru dan staf pria dan wanita masing-masing 3 unit.  Jamban terletak pada setiap lantai dan area masjid. Jamban/toilet selalu dijaga kebersihannya dengan selalu dibersihkannya setiap hari oleh petugas kebersihan.

4. Tempat Ibadah dan Tempat Wudhu
Luas tempat ibadah di SMA YPHB adalah 256m2, dilengkapi dengan tempat wudlu yang bersih dan jumlah yang memadai juga, yaitu 20 buah untuk pria, dan 16  buah untuk wanita. Lantai tempat wudlu dibuat sedemikian rupa sehingga air bekas wudlu dapat mengalir dengan lancar dan  tidak menggenang. Debit air untuk wudlu pun sangat mencukupi. Air wudlu habis pakai, dimanfaatkan untuk menyiram tanaman dan untuk budidaya ikan lele.

5.  Kantin dan Koperasi Sekolah

Kantin sekolah SMA YPHB  menyediakan makanan bagi siswa, guru, maupun staf dengan menu-menu yang bervariasi dengan empat sehat lima sempurna, kebersihan yang terjaga, dan memenuhi standar kesehatan. Kantin sekolah dikelola oleh yayasan, tetapi tetap selalu berkoordinasi dengan sekolah. Sebulan sekali tim pelaksana UKS melakukan  monitoring pengelolaan kantin, agar kebutuhan warga sekolah akan makanan bersih dan sehat bisa terpenuhi, mengingat SMA YPHB menerapkan pola pembelajaran full Day,  di mana kantin sekolah harus melayani makan pagi, siang, atau sore. Secara berkala, pihak sekolah, yayasan, dan kantin melakukan rapat/pertemuan untuk membahas permasalahan-permasalahan yang dihadapi.
Koperasi sekolah maupun koperasi yang dikelola yayasan, yang menyediakan berbagai kebutuhan siswa mulai dari alat tulis, sampai dengan makanan/minuman ringan yang tentu saja makanan/minuman yang sehat dan bersih.

6. Ruang perpustakaan

Luas ruang perpustakaan adalah 72 m2, yang merupakan pusat belajar dan pelayanan informasi. Perpustakaan SMA YPHB memiliki kurang lebih 1300 judul buku tentang kesehatan, motivasi, lingkungan, dan lain-lain. Di ruang perpustakaan juga terdapat pojok internet, di mana siswa digunakan siswa untuk untuk mencari informasi tentang materi pelajaran ataupun materi-materi lainnya.

7. Halaman dan Kebun Sekolah.

Halaman sekolah yang cukup luas dimanfaatkan sebagai tempat olah raga siswa seperti lapangan basket, futsal, dan volley, kebun sekolah untuk peghijauan, dan tempat parkir. Kebun sekolah yang cukup luas juga dimanfaatkan sebagai sumber oksigen, dimana banyak ditanami berbagai tanaman, malalui adanya apotik hidup, taman kelas di mana masing-masing kelas mempunyai taman yang wajib dipelihara dan dirawat oleh semua anggota kelas, kebun bunga dengan green house, kebun sayur, apotek hidup, dan tanaman buah langka.

8.  Penyediaan Air Bersih

Air bersih yang digunakan oleh warga SMA YPHB berasal dari air PAM yang sudah dijamin kebersihannya dan layak minum. Air bersih ini digunakan untuk makan, minum, wudlu, menyiram tanaman, keperluan praktikum, serta untuk kerperluan warga sekolah lannya. SMA YPHB juga menyediakan air minum, langsung dari PDAM, setelah melalui suatu proses terlebih dahulu.

9. Sarana Cuci Tangan

Di setiap lantai terdapat beberapa tempat cuci tangan dengan air       mengalir berupa wastafel dilengkapi dengan lap dan sabun pencuci tangan. Wastafel juga disediakan di kantin sekolah

10. Pengelolaan Sampah

Sampah dibedakan atas dua jenis, yaitu sampah organik dan sampah non organik. Di setiap lantai disediakan beberapa pasang tempat sampah yang cukup besar dan tertutup. Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah terletak di halaman sekolah yang juga dibedakan atas sampah organik dan organik, serta tertutup. Pendaurulangan sampah dilakukan dalam pembelajaran untuk mata pelajaran Biologi dan Pendidikan Lingkungan Hidup.