Berkuliah di perguruan tinggi atau PTN masih menjadi impian bagi sebagian besar pelajar di Indonesia yang akan melanjutkan studi ke perguruan tinggi. Masih menjadi kebanggaan tersendiri ketika berhasil masuk ke perguruan tinggi negeri seperti akreditasi program studi yang sudah terjamin dari pemerintah dan deretan prestasi yang pernah diukir oleh perguruan tinggi tersebut.

Walaupun persaingannya ketat, bukan hal yang tidak mungkin untuk bisa tembus ke perguruan tinggi negeri. Untuk itu, ada 3 jalur masuk ke perguruan tinggi negeri yaitu SNMPTN (seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri), SBMPTN (seleksi bersama masuk perguruan tinggi negeri) melalui UTBK (ujian tulis berbasis komputer) yang dilaksanakan oleh LTMPT (lembaga tes masuk perguruan tinggi) dan seleksi mandiri.

Pada hari Rabu, 13 Januari 2021 pukul 10.00 – 12.00 WIB, BK SMA YPHB mengadakan sosialisasi terkait SNMPTN baik persyaratan, maupun jadwal. Sosialisasi tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya karena dilakukan secara daring melalui zoom meeting. Kuota SNMPTN SMA YPHB tahun ini sama dengan tahun sebelumnya yaitu 40% dari jumlah siswa dari masing-masing program MIPA dan IPS yang memiliki prestasi unggul. Sehingga siswa yang diikutkan jalur SNMPTN untuk program MIPA sebanyak 32 orang dan program IPS sebanyak 42 orang.

Leave a Comment